Rabu , November 20 2019
Berita Terbaru
Home / Bawaslu Jateng / Undang Stakholder, Bawaslu Sosialisasi Netralitas ASN

Undang Stakholder, Bawaslu Sosialisasi Netralitas ASN

Purbalingga, Bawaslu – Badan Pengawas Pemilu (BWASLU) Kabupaten Purbalingga hari ini Kamis 28 Februari 2019 menyelenggarakan kegiatan “Rapat Koordinasi Pengawasan Dengan Stakeholder Pada Pemilu Tahun 2019”, di Andrawina Convention Center (28/02/2019). Dalam kegiatan tersebut, Bawaslu Kabupaten Purbalingga mengundang Plt. Bupati Purbalingga, Komisi Pemilihan Umum, POLRI, TNI, Kejaksaan, Korwilcam Dindikbud serta Kepala Sekolah Sekabupaten Purbalingga, Pimpinan Partai Politik, serta Instansi-Instansi terkait yang ada di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Dalam sambutannya Imam Nurhakim selaku ketua Bawaslu Kabupaten Purbalingga menyampaikan “pada pelaksanaan pemilu 2019 Bawaslu diberikan amanat oleh Undang-Undang untuk melakukan pencegahan terhadap pelanggaran dan sengketa Pemilu, mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu, melakukan penindakan terhadap pelanggaran dan menyelesaikan sengketa proses Pemilu. Namun demikian, untuk mensukseskan seluruh tahapan pemilu tentunya menjadi tanggung jawab semua dari seluruh elemen pemangku kepentingan baik Bawaslu, KPU, Pemerintah Daerah, TNI dan POLRI, Partai Politik, maupun masyarakat secara umum. Kita semua tentu ingin memastikan Pemilu 2019 berjalan secara adil, demokratis, berintegritas dan bermartabat tanpa adanya politik uang, politisasi sara, berita hoak, dan ujaran kebencian”

Selanjutnya dalam sambutaanya Plt. Bupati yang diwakili oleh Agus Winarno Asisten I Pemda Kabupaten Purbalingga menyampaikan bahwa “Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga sangat berterimakasih kepada Bawaslu Kabupaten Purbalingga yang telah menginisiasi rapat koordinasi ini, dan dalam proses Pemilu 2019 juga telah bersinergi dalam mensukseskan seluruh tahapan Pemilu dengan pihak-pihak terkait terutama dengan Pemerintah Daerah. Sinergi yag kita lakukan ini tentu agar pelaksanaan Pemilu dapat berjalan aman dan demokratis.”

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga, Tongat juga meberikan sambutan dan arahannya kepada peserta rapat koordinasi “kita bantu penyelenggara Pemilu baik Bawaslu maupun KPU mari kita bersama-sama sukseskan Pemilu Serentak 2019, yang nantinya akan menentukan masa depan Indonesia lima tahun kedepan.”

Kepala Kejaksaan Negeri Purbalingga yang diwakili oleh Arif Purnomo, SH Kepala Seksi Tindak Pidana Umum, dalam sambutannya memberikan arahan dan himbauan kepada peserta Rakor, bahwa “seluruh tahapan Pemilu rawan terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh Peserta Pemilu, tidak dipungkiri apabila dalam seluruh tahapan Penyelenggaraan Pemilu ditemukan pelanggaran baik Pelanggaran administartif maupun Tindak Pidana Pemilu. Oleh karenanya Kami dari Kejaksaan yang tergabung dalam Sentra Gakumdu menghimbau kepada seluruh Parpol agar memberikan pengarahan kepada para calon legislatifnya supaya tidak melakukan upaya-upaya Pelanggaran Tindak Pidana Pemilu, karena kami tidak segan-segan untuk menindak Peserta Pemilu yang melakukan Pelanggaran Pidana Pemilu.”

Lebih lanjut mewakili Dandim 0702 Purbalingga, Kapten Inf. Khasan Pasi Intel dalam sambutaanya menyatakan kesiapanya TNI untuk mengawal seluruh tahapan pemilu hingga ke TPS “kami berharap dalam pemilu kali ini dapat berlangsung aman dan kondusif. Kami dari TNI menyatakan sikap TNI Netral dan kami siap bersinergi bersama pemerintah, dan polri untuk mensukseskan pemilu 2019. TNI juga siap menjamin keamanan hingga ke TPS.”

Dalam rapat koordinasi ini, Bawaslu Purbalingga juga menyampaikan secara langsung surat Himbauan kepada Ibu Plt. Bupati Purbalingga, yang diterima oleh Agus Winarno Asisten 1 Pemda Purbalingga, terkait netralitas Aparatur Sipil Negara di wilayah Kabupaten Purbalinggga dalam Pemilu Tahun 2019. Hal tersebut penting disampaikan mengingat beberapa kasus pelanggaran netralitas ASN sudah terjadi di Purbalingga, yang ditangani oleh jajaran Bawaslu Purbalingga dan sudah direkomendasikan kepada Komisi ASN di Jakarta. Dengan rapat koordinasi ini diharapkan seluruh pemangku kepentingan dapat terus bersinergi satu sama lain untuk mensukseskan pemilihan umum tahun 2019 yang aman, kondusif, jujur, adil, demokratis dan bermartabat.

About Humas Bawaslu

Check Also

Bawaslu Se Jawa Tengah Bahas Penyelesaian Sengketa Pemilihan

Surakarta – Setelah dibuka secara resmi oleh oleh Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Kamis Sore …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *