Kamis , Juni 20 2019
Berita Terbaru
Home / Bawaslu Jateng / Bawaslu Kota Tegal Rekomendasikan PSU di Kecamatan Tegal Timur

Bawaslu Kota Tegal Rekomendasikan PSU di Kecamatan Tegal Timur

 

 

 

TEGAL – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tegal memberikan rekomendasi 1 TPS yang harus dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal.
Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Kota Tegal, Akbar Kusharyanto. SE menyebutkan, “ada 1 TPS yang harus melakukan PSU yaitu TPS 5 Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur,” jelasnya.

Berdasarkan hasil identifikasi dan pengumpulan bukti – bukti hasil pengawasan lapangan di TPS 5 Kejambon Kecamatan Tegal Timur oleh Pengawas TPS 5 Kejambon terjadi peristiwa pada pemungutan suara yakni ada 2 pemilih yang tidak tercantum dalam DPT dan DPTb menggunakan hak pilihnya dengan E-KTP namun bukan alamat setempat dan ditemukan 10 pemilih menggunakan formulir C6 tidak terdaftar dalam DPT dan DPTb namun tetap mendapatkan hak memilih yang semestinya menggunakan Formulir A5 dan dimasukan dalam DPTb.
“Untuk mengetahui kapan akan dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang yang dilakukan, kita serahkan kepada KPU Kota Tegal. Kita juga akan terus berkoordinasi dan akan terus melakukan pengawasan terhadap jalannya proses tersebut” Ungkap Akbar.

Bahwa berdasarkan pasal 372 ayat 2 huruf d UU 7 tahun 2017 ttg Pemilu dinyatakan bahwa:
“Pemungutan suara di TPS wajib diulang apabila dari hasil penelitian dan pemeriksaan Pengawas TPS terbukti terdapat keadaan sebagai berikut:
Pemilih yang tidak memiliki kartu tanda penduduk elektronik dan tidak terdaftar di daftar pemilih tetap”.
Bahwa berdasarkan Pasal 9 ayat (2) PKPU Nomor 9 Tahun 2019:
Hak pilih sebagaimana dimaksud pada ayat (1) hanya dapat digunakan di TPS yang berada di rukun tetangga/ rukun warga atau sebutan lain sesuai dengan alamat yang tertera di dalan KTP El atau surat keterangan.

Kontributor : IF/ Humas Bawaslu Kota Tegal

About humas bawaslu

Check Also

Persiapan PHPU di MK, Bawaslu Supervisi ke Jateng

Ketua Bawaslu Abhan (kiri) saat mendatangi kantor Bawaslu Provinsi Jawa Tengah (Jateng) didampingi Ketua Bawaslu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *