Selasa , Juli 16 2019
Berita Terbaru
Home / Bawaslu Jateng / Jelang Audit BPK, Bawaslu Jateng didampingi BPKP Persiapkan Pertanggungjawaban

Jelang Audit BPK, Bawaslu Jateng didampingi BPKP Persiapkan Pertanggungjawaban

 

Semarang – Sesuai instruksi dari Sekjen Bawaslu Ri dan surat dari BPKP bernomor S-1289/PW/11/2/2019 BPKP melakukan Kegiatan review atas tata kelola keuangan penyelenggara pemilu 2019 di Bawaslu Provinsi Jateng, kegiatan rutin ini bertujuan untuk melakukan review terhadap pertanggungjawaban penggunaan anggaran tahapan Pileg dan Pilpres 2019, Review oleh BPKP ini dilakukan dengan cara melihat kesesuaian Pertanggungjawaban yang telah dilakukan Bawaslu Jateng, jika terdapat hal hal yang masih belum sesuai , nantinya akan menjadi perhatian dari BPKP dan direkomendasikan ke Bawaslu Jateng untuk segera diperbaiki. BPKP sendiri menerjunkan 3 tim dari BPKP perwakilan Provinsi Jawa Tengah untuk melakukan Review di Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, tim pertama melakukan review di Kantor Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, tim lainnya melakukan review dengan mengambil sample dari 2 Bawaslu Kabupaten yaitu, Bawaslu Kabupaten Karanganyar dan Bawaslu Kabupaten Magelang. sedangkan Tim BPKP yang melakukan review di Kantor Bawaslu Provinsi Jawa Tengah melakukan Uji Petik di beberapa Bawaslu Kabupaten Kota yaitu Kab. Kendal, Kab.Demak,Kab.Batang, Kota Pekalongan Kab Semarang dan Kab Boyolali sebagai obyek.

Review yang dilakukan sejak tanggal 27 Juni s/d 15 Juli 2019 ini tidak hanya memfokuskan pada Penggunaan Anggaran Pilpres dan Pilkada 2019 tetapi juga soal kinerja, seperti kelengkapan administrasi dan laporan saat penugasan sdm. Kepala Sekertariat Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Kartini Tjandra Lestari, SH, MM mengatakan “Review oleh BPKP ini bukanlah hal yang baru bagi Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, mengingat sebelumnya Bawaslu Provinsi Jawa Tengah sudah menjadi pilot project untuk pemeriksaan BPKP dan selalu mendapatkan hasil yang baik”.

Beliau juga menyampaikan harapan, pemeriksaan oleh BPKP kali ini kembali mendapatkan hasil yang baik, sehingga ketika dilakukan pemeriksaan oleh BPK pada bulan agustus nanti tidak lagi ditemukan hal hal yang tidak sesuai dengan peraturan dan pada akhirnya mendapatkan penilaian yang baik dari BPK.

Penulis : Setiadi Kurniawan

Editor : Humas Bawaslu Jateng

About humas bawaslu

Check Also

Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Akan Bentuk Jajaran Ad Hoc Sebelum KPU

Ketua Bawaslu Abhan saat memberikan pengarahan terkait rekrutmen pengawas Ad hoc dalam Rapat Pembahasan Hasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *