SEKRETARIAT BAWASLU JATENG KONSOLIDASI LAPORAN KEUANGAN TAHUN 2015

babel-3
SEKRETARIAT BAWASLU PROVINSI JAWA TENGAH MELAKUKAN KONSOLIDASI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN TAHUN 2015 DENGAN SEKRETARIAT JENDERAL BAWASLU RI

Pangkalpinang – Bawaslu Republik Indonesia selenggarakan Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2015 dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas Laporan Keuangan yang akuntabel di Hotel Santika, Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (10/1). Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, sesuai Surat Undangan dari Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Nomor 0007/Und/Bawaslu/SJ/I/2016 tanggal 5 Januari 2016, menghadiri Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2015 dengan Bawaslu RI yang diselenggarakan selama 3(tiga) hari sampai 12 Januari 2015.

Acara yang dibuka oleh Pimpinan Bawaslu RI, Ibu Endang Wihdatiningtyas menghadirkan peserta kegiatan dari unsur Kepala Sekretariat, Bendahara Pengeluaran dan Staf yang menangani SAIBA/Penyusunan Laporan Keuangan dari 34 Bawaslu Provinsi se-Indonesia. Dalam sambutannya, satu-satunya Komisioner Perempuan di Bawaslu RI ini menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Sekretariat Bawaslu Provinsi dalam memfasilitasi seluruh kegiatan dari awal hingga akhir tahun anggaran 2015. Beliau juga menghimbau, betapa pentingnya hubungan yang harmonis antara pimpinan Bawaslu Provinsi dengan Sekretariat Bawaslu Provinsi sehingga tercipta kondisi yang saling mendukung demi tercapainya pengawasan terhadap penyelenggaraan Pemilihan.

Kegiatan yang dihadiri Sekretaris Jenderal Bawaslu RI, Kepala Biro Administrasi, serta jajaran Kasubbag di lingkungan Sekretariat Jenderal Bawaslu RI tersebut bertujuan untuk konsolidasi laporan keuangan Bawaslu RI agar tercapai predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Hadir sebagai narasumber dari Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan yang menyampaian materi tentang Laporan Keuangan Bawaslu Berbasis Akrual dan dari Direktorat Sistem Akuntansi dan Teknologi Perbendaharaan menyampaikan materi mengenai Update Perubahan Aplikasi Penyusunan Laporan Keuangan Tahunan Bawaslu. Setelah penyampaian materi oleh narasumber, dilakukan konsolidasi data keuangan Bawaslu Provinsi – Bawaslu RI dengan pemeriksaan berkas dan diskusi.

Acara ditutup oleh Ketua Bawaslu RI Prof. Dr. Muhammad, S.IP. M.Si. Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu RI memberikan ucapan terima kasih kepada Jajaran Sekretariat Bawaslu Provinsi se-Indonesia yang telah bekerja dengan keras dan cerdas sehingga kegiatan pengawasan Pilkada serentak Tahun 2015 mendapatkan apresiasi dari banyak pihak.

Sebelum ditutup, Sekretaris Jenderal Bawaslu RI mengatakan bahwa penyerapan anggaran Bawaslu RI telah mencapai hampir 60%. Ini adalah sebuah kemajuan yang sangat signifikan karena sebelumya penyerapan anggaran Bawaslu RI baru mencapai sekitar 5% di awal Desember 2015. Ini belum termasuk dengan Bawaslu Provinsi yang belum menyelesaikan SP2HL. Beliau juga memberikan kesempatan kepada Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Utara dan Jawa Tengah untuk menceritakan langkah-langkah kongkrit pengelolaan dana hibah dari awal hingga diterbitkannya SP2HL (Surat Perintah Pengesahan Hibah Langsung). Kartini Tjandra Lestari selaku Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dalam kesempatan tersebut menyampaikan langkah-langkah yang telah dilakukan secara terperinci dan jelas.

Penulis : Sriyadi

Foto : Jhisnu Donavikara

babel-3

babel-2

Leave a comment