Bawaslu Lakukan Evaluasi Daftar Pemilih

Kota Surakarta –  Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2021 dengan tema Evaluasi Pengawasan Pemuktahiran & Penyusunan Daftar Pemilih di The Sunan Hotel Solo, Senin (29 Maret 2021)

Acara berlangsung selama dua hari, menghadirkan beberapa pembicara diantaranya Gugus Risdaryanto (Anggota Bawaslu Jateng), Paulus (Anggota KPU Jateng) dan Nur Kholis (Dispermadesdukcapil Jateng). Kegiatan Rapat Koordinasi dihadiri oleh  21 Bawaslu dan KPU kab/kota yg menyelenggarakan Pilkada dan Dukcapil Kota Surakarta, Kab. Sragen, kab. Boyolali, kab. wonogiri, kab. sukoharjo, dan kab. klaten.

“Kepentingan kita sama antara Bawaslu, KPU dan Dukcapil untuk bersama berdiskusi membincangkan hal-hal yg sensitif sesuai tupoksi masing-masing. Khususnya melihat secara komprehensif untuk membuat daftar pemilih kedepan dengan seksama” ungkap Fajar SAKA.

Pada kesempatan itu Fajar juga membeberkan beberapa contoh diantaranya kasus sengketa hasil di Mahkamah Konstitusi masih terganjal oleh problematika daftar pemilih. Hal tersebut harus menjadi evaluasi bersama karena daftar pemilih merupakan unsur penting dalam menyuarakan hak.

Saat ini bawaslu memperoleh predikat Informatif oleh Komisi Informasi, sehingga dapat menjadi penyemangat bagi lembaga  untuk saling terbuka atas informasi yang ada.
“Kepentingan daftar pemilih tidak hanya dibahas oleh KPU dan Bawaslu saja, sehingga kami terus membangun komunikasi dengan publik dan terbuka” tegas Fajar.

Selain itu berlangsungnya acara ini juga bertujuan sebagai antisipasi kedepan agar tidak menjadi polemik dan permasalahan di sengketa Mahkamah Konstitusi. Karena pentingnya daftar pemilih menjadi hal krusial, sehingga kedepan harapannya pada pemilihan tahun 2024 daftar pemilih bisa terferormasi menjadi lebih baik.

Penulis : Shani

Foto : Shani

Editor : Humas Bawaslu Jateng

Leave a comment