Bawaslu Jateng: Kader SKPP Harus Jadi Agen Pengawasan

 

Dr. Sri Wahyu Ananingsih, SH,MHum saat memberikan pengarahan pembukaan SKPP titik Karanganyar, Rabu 6 Oktober 2021

 

Karanganyar – Bawaslu RI menggelar Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) di Jawa Tengah. Kali ini, SKPP digelar di titik Kabupaten Karanganyar, Rabu (6 Oktober 2021). Sebanyak 85 kader SKPP dari beberapa titik di wilayah Jawa Tengah dikumpulkan untuk mendapatkan pendidikan dasar SKPP. Kegiatan ini sekaligus memupuk kader pengawas di wilayah Surakarta dan sekitarnya.
Titik Karanganyar kali ini menghadirkan peserta dari Kabupaten Klaten, Kabupaten Kendal, Kabupaten Sragen, Kota Surakarta dan Kabupaten Blora. Seperti pendidikan di titik-titik sebelumnya, kegiatan ini akan dijadikan ajang meningkatkan partisipatif masyarakat khususnya kaum milenial untuk lebih aktif dalam pengawasan pemilu ke depan.
Pendidikan SKPP tingat dasar ini akan dilaksanakan dalam tiga hari ke depan.
Dalam sambutanya Pimpinan Bawaslu Jawa Tengah diwakili oleh Sri Wahyu Ananingsih menuturkan bahwa ada 6 titik lokasi Pendidikan SKPP tingkat dasar di Jawa Tengah. Pihaknya yakin bahwa demokrasi di Indonesia ini dapat terwujud salah satunya dengan partisipatif masyarakat.
“Setelah 3 titik yang telah dilaksanakan Pendidikan SKPP maka karanganyar menjadi titik ke empat dan total akan ada 6 titik yang berakhir di Magelang. Maka dari itu untuk mewujudkan demokrasi salah satunya adalah dengan partisipasi dari masyarakat dan hal itu yang mendorong dari terwujudnya pendidikan SKPP ini”, ucapnya.

Jajaran Forkominda Kabupaten Karanganyar dan Kota Solo menghadiri acara pembukaan SKPP 2021

 

Selain itu, lanjutnya, pendidikan ini sangat penting mengingat partisipasi masyarakat masih rendah dalam pemilu terakhir, maka dari itu diharapkan para siswa ini nantinya akan menjadi kader pengawas di daerahnya masing-masing.
“Semoga para sahabat Bawaslu ini setelah pulang dari pendidikan ini akan kembali ke masyarakat dan menjadi agen- agen atau inisiator di masyarakat dalam menyelenggarakan pengawasan partisipatif di lingkunganya”, harapnya.

 

/Humas Bawaslu Jateng

Leave a comment