Kader SKPP harus Ikut Jaga Pemilu/Pilkada

(Bupati Kab.Pati saat pembukaan SKPP Dasar 2021)

PATI – Bupati Kabupaten Pati, Haryanto beserta seluruh jajaran Forkopimda Kabupaten Pati hadiri pembukaan SKPP Dasar tahun 2021 yang dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, M Fajar Subhi AK Arief, Rabu siang (6/10).

Haryanto menyambut baik digelarnya kegiatan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif yang digelar Bawaslu RI di Kabupaten Pati. “Meski gelaran Pemilu dan Pilkada masih digelar pada tahun 2024, namun dengan digelarnya kegiatan ini dapat menjadi sarana pembelajaran pengawasan pemilu kepada seluruh kader sehingga Pilkada atau Pemilu dapat berlangsung secara fair” ungkap pria kelahiran 8 April 1964 tersebut.

Haryanto juga menyoroti masih adanya praktik money politik saat gelaran pilkada maupun pemilu yang dapat menciderai demokrasi di Indonesia. Menurutnya, hal ini menjadi tugas utama bagi Seluruh Kader Pengawas Partisipatif untuk dapat meminimalisir praktik tersebut di masyarakat dengan cara memberi pengetahuan bahaya money politik bagi masyarakat atau dengan cara melaporkan ke Bawaslu sehingga Pemilu dan Pilkada 2024 berlangsung secara baik sesuai hati nurani masyarakat dan akan muncul pemimpin-pemimpin yang bersih.

Haryanto juga merasa beruntung karena tidak semua daerah di Jawa Tengah mendapat kesempatan untuk mengadakan kegiatan SKPP ini. Sehingga Haryanto rela menyempatkan untuk hadir pada acara tersebut. Terakhir dia berpesan kepada seluruh peserta yang hadir untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan baik dan tetap terus menjaga protokol kesehatan.

Sebelumnya Ketua Bawaslu Kabupaten Pati, Ahmadi, juga memberikan sambutan dalam acara tersebut. Ahmadi menyampaikan bahwa jumlah pengawas Pemilu sangat terbatas sekali, oleh karena itu Bawaslu terus bergerak dalam rangka mengembangkan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif agar mutu dari Demokrasi akan lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

Humas Bawaslu Jawa Tengah

Leave a comment