Evaluasi Tahapan Pencalonan Logistik

Fajar Saka saat memberikan arahan dan membuka acara

 

Bandungan – Bawaslu Jawa Tengah kembali gelar Rakor Evaluasi bertemakan “Pengawasan Pilkada Serentak Evaluasi Pengawasan Tahapan Pencalonan dan Logsitik yang berlangsung di Bandungan Rabu (13 Okt 2021).

Sebagaimana diatur bahwa tugas Bawaslu salah satunya untuk melakukan evaluasi tahapan pencalonan dan logistik maka penting untuk melibatkan stakeholder terkait yaitu KPU 21 Kabupaten/Kota divisi keuangan, umum dan logistik hadir dalam kegiatan tersebut. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Fajar SAKA didampingi oleh Anik Sholih selaku Anggota beserta Setyo Pramudi selaku Kabag Pengawasan.

Fajar merasa bahwa jika biasanya topik logistik dipasangkan dengan tungsura atau pemutakhiran pungut hitung namun kali ini ada yang berbeda karena harus berpasangan dengan logistik. Namun pihaknya menegaskan bahwa pada prinsipnya apapun kita selesaikan dengan kolektif dan kolegial sehingga tidak menjadi soal.

Fajar Saka menjelaskan tentang tujuan evaluasi

Fajar menjelaskan kegiatan pada sore ini menjadi acara ke lima dari enam kali rangkaian evaluasi yang akan diakhiri dengan pungut hitung dan rekapitulasi.  Pokok dari kegiatan ini semangatnya adalah tetap untuk menyamakan persepsi dalam menyikapi regulasi yang ada pada Pilkada 2020.

“Karena kesepakatan sementara tidak ada perubahan Undang Undang jelang 2024 sehingga dimungkinkan akan menghadapi isu yang sama. Pilpres akan ada potensi 2 putaran dan PHPU sedangkan agustus sudah memasuki pendaftaran peserta Pilkada mungkin kerumitan akan semakin kompleks sehingga perlu dimitigasi” kata Fajar.

Pihaknya menambahkan bahwa jajaran Bawaslu dan KPU sudah mengalami Pemilu serentak dan Pilkada serentak secara berisisan seharusnya akan cepat menyesuakian. Kedepan dalam waktu dekat masih akan ada pembahasan lebih lanjut terkait tentang tahapan Pemilu dan Pilkada pada tahun 2024.

“Tingkat kerumitan akan sama namun tingal bagaimana mitigasi yang harus kita lakukan. Acara ini manfaatkanlah menjadi persiapan jelang tahun 2024, kita harus saling memahami dan menghargai aturan lembaga kita masing – masing” harap Fajar.

Kabag Pengawasan saat menyampaikan laporan kegiatan

 

Penulis : Yusuf

Foto : Bima

Humas Bawaslu Jateng

Leave a comment