Bawaslu Jawa Tengah Mantapkan Strategi Pencegahan dan Pengawasan Penyusunan Daftar Pemilih

 

Semarang– Jum’at 6 Januari 2023, Bawaslu Provinsi Jawa Tengah menggelar Rapat Kerja Divisi secara daring dengan 35 Bawaslu Kabupaten/Kota di Jawa Tengah dengan tema Rapat Kerja Persiapan Pencegahan dan Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu 2024 di Media Center Bawaslu Provinsi Jawa Tengah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota Bawaslu Jawa Tengah Anik Solihatun selaku Kordiv Pencegahan dan Parmas Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dan juga Kepala Bagian Pengawasan Setyo Pramudi.
Pada kegiatan tersebut, Anik menyampaikan bahwa rapat ini bertujuan untuk membahas mengenai perkembangan tahapan penyusunan daftar pemilih sementara.

“Jika berkaca pada Pemilu 2019, daftar pemilih mengalami 4 kali perubahan pasca penetapan DPT. Pada pemilu 2024 ini ada hal baru yakni dengan melakukan sinkronisasi data pemilih dalam dan luar negeri untuk penyederhanaan formulir dan pengaturan pemutakhiran data pemilih lokasi khusus,” ungkap Anik.


Anik juga menyampaikan bahwa tujuan lain rapat pada ini adalah untuk memastikan jadwal penyusunan bahan coklit oleh KPU Kabupaten/Kota oleh Pantarlih serta menyusun agenda pembekalan bagi panwascam dan panwaslu desa kelurahan.
Hal lain yang juga disampaikan dalam rapat tersebut adalah mengenai alur pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih, dilengkapi dengan timeline pengawasan yang harus dipahami oleh seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota

Anik menekankan pentingnya untuk mentaati dan melaksanakan strategi pencegahan, dan strategi pengawasan yang telah disampaikan. Disebutkan juga bahwa proses dokumentasi merupakan salah satu langkah yang penting dalam mempublikasikan seluruh kerja bidang pengawasan, disertai dengan koordinasi supervisi assistensi dan monitoring jajaran.

Tidak lupa, Anik juga berpesan kepada 35 Bawaslu Kabupaten/Kota yang hadir secara daring bahwa Bawaslu Kabupaten/kota perlu mempersuasi masyarakat untuk berani lapor dengan dibuatnya Posko Pengaduan Masyarakat yang telah berfungsi dan dibuka, serta menerima aduan masyarakat.

Diharapkan, seluruh tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar dari awal proses pelaksanaan, hingga selesai.

 

Kontributor: Yumna ( Mahasiswa Magang Universitas Diponegoro)

Leave a comment

Skip to content