Galat basis data WordPress: [Table './jatengba_DN3w1/7p_wfhits' is marked as crashed and should be repaired]
SELECT MAX(attackLogTime) FROM 7p_wfhits

1 TPS di Sragen Laksanakan PSU, Bawaslu Jateng Lakukan Asistensi – Bawaslu Jawa Tengah
Scroll Top

1 TPS di Sragen Laksanakan PSU, Bawaslu Jateng Lakukan Asistensi

WhatsApp Image 2024-02-20 at 13.17.22_22b68088

Sragen – Bawaslu Provinsi Jawa Tengah membentuk beberapa tim untuk melakukan pendampingan dan asistensi ke wilayah-wilayah di Jawa Tengah yang melaksanakan Pemungutan dan Penghitungan Suara Ulang (PSU). Sragen menjadi salah satu daerah yang melaksanakan PSU, tepatnya di TPS 05 Desa Tenggak Kecamatan Sidoharjo. PSU di wilayah Jawa Tengah rencananya akan dilaksanakan serentak pada tanggal 18 Februari 2024. Dalam rangka menjamin kelancaran PSU di Sragen tersebut, Bawaslu Provinsi Jawa Tengah menurunkan tim asistensi yang terdiri dari Anggota dan Staf. Kegiatan asistensi dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Februari 2024 atau H-1 sebelum PSU dimulai.

Diana Ariyanti selaku anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah saat asistensi menjelaskan bahwa tujuan utama dari asistensi ini adalah untuk memastikan bahwa semua pihak terlibat memahami prosedur yang harus diikuti dan menjalankan tugas mereka dengan profesionalisme tinggi. Diana juga menerangkan strategi untuk mengatasi potensi masalah atau konflik yang mungkin muncul selama proses PSU kepada Pengawas TPS, Pengawas Desa, hingga Panwaslu Kecamatan.

“Kami ingin memastikan bahwa para pengawas memiliki pemahaman yang mendalam tentang tugas dan tanggung jawab mereka dalam memfasilitasi PSU ini,” tegas Diana saat memberikan asistensi.

Berdasarkan keterangan dari Ibu Novi selaku Pengawas TPS 05 Desa Tenggak, munculnya saran dan perbaikan pelaksanaan PSU ini akibat dari mekanisme atau prosedur pelaksanaan pemungutan suara yang tidak sesuai dengan peraturan Undang-Undang Pemilu. Novi menemukan bahwa terdapat pemilih berasal dari luar daerah yang mencoblos di TPS 05 dan tidak bisa menunjukkan Surat Pindah Memilih.

Selain melakukan asistensi kepada jajaran pengawas menjelang PSU, tim dari Bawaslu Provinsi Jawa Tengah juga turut melakukan pengawasan pada hari pelaksanaan PSU hingga melakukan monitoring rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan di Sragen.

Kontributor: Arsyan

Leave a comment

Skip to content