Scroll Top

Bawaslu Jateng bersama Bawaslu RI Pantau PSS di TPS Wilayah Banjir Kabupaten Demak

WhatsApp Image 2024-02-26 at 14.36.44_ef2bf4a4
Bawaslu Provinsi Jawa Tengah bersama Bawaslu Republik Indonesia Pantau Pemungutan Surat Susulan di TPS 013-018 yang berlokasi di SDN Negeri Wonorejo 01 , Desa Wonorejo, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak yang saat ini masih tergenang air. (dok: Humas Bawaslu Jateng)

 

Kabupaten Demak – Musibah banjir bandang yang melanda di Kabupaten Demak membuat proses pemilihan umum di 114 TPS pada 10 Desa mengalami kendala sehingga berpotensi dilakukannya Pemungutan dan Penghitungan Surat Suara Susulan (PSS). Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah mendampingi Anggota Bawaslu RI, Herwyn J. H. Malonda melakukan pemantauan secara langsung proses Pemungutan dan Penghitungan Surat Suara Susulan di TPS 001-012 dan TPS 013-018 di Desa Wonorejo, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak (24 Februari 2024).

Dalam temuannya, Herwyn mengungkapkan bahwa 90% pemilih merupakan pemilih pengungsi. Hal tersebut dikarenakan tempat asal pemilih merupakan wilayah terdampak banjir sehingga para pemilih dikondisikan untuk melakukan memilih di wilayah berbeda, Herwyn menambahkan terdapat beberapa TPS yang tempat bilik suara begitu sempit saat proses PSS di Kabupaten Demak sehingga mengakibatkan terjadi adanya antara pemilih saling melihat atau contek, Herwyn menghimbau kepada seluruh jajaran KPPS setempat agar tetap menjunjung asas kerahasiaan kepada para pemilih.

Herwyn meminta kepada KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) TPS wilayah 4 untuk memastikan agar melakukan screening terkait dengan pemilih yang hadir.

“Pemilih yang hadir merupakan pemilih yang terdaftar pada DPT dan sebelum pelaksanaan pemungutan suara berakhir, akan diberikan kesempatan bagi DPTb dan DPK untuk memilih, tentunya masyarakat harus terdaftar dalam daftar pemilih yang disusun oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Kami berharap proses penghitungan surat suara bisa berjalan dengan baik,” kata Herwyn.

Kontributor: B. Bimantara

Leave a comment

Skip to content