Scroll Top

Bawaslu Jateng Lakukan Evaluasi Kinerja Pemantau Pemilu 2024

WhatsApp Image 2024-06-11 at 6.22.20 AM
Semarang – Bawaslu Jateng laksanakan Evaluasi Pemantauan Pemilu Serentak 2024 dengan Pemantau Pemilu dengan melibatkan pemantau dan Bawaslu Kabupaten Kota di Jawa Tengah, Senin(10 Juni 2024)
Sebanyak 80 peserta hadir diantaranya 42 Pemantau Pemilu di Jawa Tengah baik akreditasi daerah ataupun pusat, Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Kabupaten/Kota dan Media.
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Koordinator Divisi Hukum dan Diklat Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Diana Ariyanti. Dalam sambutanya Diana menjelaskan penting sebuah evaluasi karena merupakan tahapan akhir dari sebuah proses dan awal memulai perencanaan.
“Adanya evaluasi ini menjadikan kerja kerja yang lebih baik dalam melakukan pemantauan di Pemelihan Serentak 2024 nantinya,”kata Diana.
Lebih lanjut Diana berterimakasih atas kerja pemantau yang sudah secara aktif dan inisiatif melakukan pemantauan diberbagai tahapan. Diana juga meminta agar apa yang sudah dipantau harap dituangkan dalam laporan agar menjadi dokumentasi yang baik dan bahan evaluasi kedepan.
“Pemantau harus menuangkan apa yang dipantau agar menjadi catatan bagi kami dan referensi pemantau yang lain,”jelas diana dihadapan peserta.
Diana menyebutkan sesuai apa yang telah tertuang dalam Peraturan Bawaslu 1 Tahun 2023 Tentang Pemantauan Pemilihan Umum Bab VI Pasal 25, Pemantau Pemilu diminta untuk melaporkan hasil pemantauan pemilu secara berjenjang sesuai tingkatan.
Selain itu di akhir sambutanya Diana berharap agar nantinya kegiatan ini dapat mencipatkan hasil evaluasi agar menjadi pedoman bagi Pemantau Pemilu lima tahun kedepan bahkan Pemantau Pemilihan 2024 yang akan di akreditasi oleh KPU.
Kontributor : Yusuf

Leave a comment

Skip to content