Scroll Top

Bawaslu Jateng Pastikan Pengawas Awasi Verfifikasi Dukungan Calon Perseorangan Pemilihan 2024

WhatsApp Image 2024-07-01 at 6.39.52 PM

Slawi – Bawaslu Provinsi Jawa Tengah pastikan jajaran pengawas di Kabupaten Tegal melakukan pengawasan verifikasi faktual pemenuhan syarat dukungan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Walikota 2024, Senin (01/07/2024).

Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Wahyudi Sutrisno menjelaskan perlunya memastikan jajaran pengawas di Kabupaten Tegal karena keterbatasan sumber daya manusia, sehingga perlu strategi yang tepat.

“Dengan keterbatasan personil selain pengawasan melekat juga dilakukan uji petik terhadap pendukung yang sedang diverifikasi,” ungkap Wahyudi.

Sebagai informasi bahwa terdapat dua daerah yaitu Kabupaten Tegal dan Kabupaten Sukoharjo yang terdapat calon perseorangan dalam Pemilihan Kepala Daerah 2024. Pelaksanaan verifikasi vaktual kesatu berdasarkan Surat Edaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 959 dilaksanakan pada 21 Juni 2024 s.d 4 Juli 2024.

Lebih lanjut Wahyudi menyebut di Kabupaten Tegal terdapat sebanyak 80853 jumlah dukungan memenuhi syarat yang harus dilakukan verifikasi faktual dari syarat minimal yang ditetapkan oleh KPU sejumlah 80760.

“Pola pengawasan oleh jajaran Bawaslu adalah komunikasi dengan jajaran KPU, memberikan imbauan, mencatat dalam form A dan memberikan saran perbaikan,” kata Wahyudi disela pengawasan.

Wahyudi juga memastikan bahwa Bawaslu Kabupaten Tegal hingga panwaslu kecamatan sudah mengoptimalkan layanan posko aduan terhadap potensi pencatutan nama pendukung. Tak hanya itu Wahyudi juga menyampaikan beberapa potensi pelanggaran yang terjadi seperti PPS tidak melakukan verifikasi, pemalsuan dukungan dan netralitas.

Selain itu berdasarkan pengawasan yang telah dilakukan rata rata setiap kecamatan sudah melakukan verifikasi hampir 80%, yang ditargetkan akan selesai pada tanggal 3 Juli 2024 sebelum batas akhir yang dijadwalkan.

“Dengan adanya pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu jajaran KPU bekerja dengan tepat sehingga data data yang didapat valid dan akurat,” harap Wahyudi.

Kontributor : Yusuf

Leave a comment

Skip to content